Songsong Pemilu, KPU Bantul Rekrut Anggota KPPS

Avatar photo

- Pewarta

Rabu, 13 Desember 2023 - 17:51 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

YOGYARAYA – Songsong pemilu yang akan dilaksanakan 14 februari 2024 mendatang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai membuka pendaftaran anggota KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) di tiap-tiap TPS.

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Begitu juga yang dilakukan KPU Bantul melalui pengumuman Nomor 537/PP.04.01-PU/3492/2023 tentang pembentukan KPPS oleh PPS (Panitia Pemungutan Suara) tingkat Kabupaten se Bantul.

Dalam pengumuman tersebut disebutkan bahwa masyarakat diberi kesempatan untuk berpartisipasi didalam pesta demokrasi lima tahunan ini dengan menjadi anggota KPPS yang bertugas di TPS-TPS.

Syarat utama dari calon anggota KPPS adalah Warga Negara Indonesia, berusia paling rendah 17 tahun dan paling tinggi 55 tahun.

Mempunyai komitment Setia kepada Pancasila, Undang-undang Dasar Republik Indonesia, Negara Kesatuan Republik Indonesia,Bhineka Tinggal Ika dan cita-cita proklamasi 17 Agustus 1945. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik dalam 5 tahun terakhir dan berdomisili di wilayah KPPS nya.

Selain itu calon anggota KPPS juga harus memiliki integritas pribadi, pribadi yang kuat, jujur dan adil serta sehat jasmani Ruhani serta bebas dari penyalahgunaan narkotika.

Untuk bisa menjadi anggota KPPS wajib berpendidikan paling rendah SMA atau sederajat serta tidak pernah dipidana penjara berdasarkan keputusan pengadilan yang sudah berkekuatan tetap dengan pidana 5 tahun keatas.

Apabila ketentuan-ketentuan diatas terpenuhi, maka masyarakat yang berminat bisa menyerahkan berkas administrasi berupa: formulir pendaftaran, daftar riwayat hidup, foto 4 x6, foto copy KTP elektronik, foto copy ijazah terakhir dan beberapa dukumen surat pernyataan yang bisa di download di portal KPU  dan surat keterangan dari partai politik bahwa sudah tidak menjadi anggota partai politik apabila dalam 5 tahun terakhir aktif menjadi anggota atau pengurus partai.

KPU membuka kesempatan pendaftaran anggota KPPS mulai tanggal 11-20 Desember 2023 yang bisa dilakukan di sekretariat PPS Kalurahan se Kabupaten Bantul pada jam kerja jam 08:00-16:00. Apabila menginginkan informasi lebih lanjut bisa langsung hubung masing masing PPS.

Selain syarat-syarat diatas, masyarakat yang berminat juga wajib test kesehatan di puskesmas atau poliklinik terdekat dengan melampirkan hasil tes tekanan darah, kadar gula darah dan kolestrol.

Salah satu KPPS yang langsung melakukan tindakan aktif atas pengumuman KPU itu adalah PPS Kalurahan Trimulyo. Melalui Pengumuman Nomor: 05/PP.04.1-PU/340209-2004/2023 PPS pimpinan Sunaryo ini langsung melakukan sosialisasi melalui edaran kepada masyarakat melalui Kalurahan dan dukuh dukuh serta melalu pesan yang beredar melalui WhatsApp.

Dalam edaran tersebut, tercantum semua syarat dan ketentuan serta link untuk download dokumen yang dibutuhkan.

“Semua berkas diserahkan ke sekretariat PPS di Kalurahan Trimulyo Bantul paling lambat 20 Desember 2023 berbentuk hardcopy rangkap dua”, ungkap Sunaryo kepada Pewarta.

Pemilu 2024 ini adalah bagian penting dari kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebuah proses yang harus dikawal dengan baik agar berjalan aman, lancar, tertib dan damai. (Ariyo)

Berita Terkait

Menangkan Pilkada 2024, Sejumlah Pers Daerah dari Pulau Sumatera hingga Pulau Papua Siap Kolaborasi
Kader PSI Grace Natalie Temui Presiden Jokowi dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Ini yang Dibahas
G.K.R.Mangkubumi: Pelaku Tosan Aji Harus Berani “Adu Karya” Yang Kreatif & Inovatif Agar Sesuai Tuntutan Jaman
Sebut Prabowo Presiden, Ahmad Muzani: Kita Tetap Butuh Dukungan Rakyat dan Parpol Penuhi Janji Politik
Pengamat Sebut Sudaryono Menjadi Pilihan Masyarakat Jateng Karena Ingin Pemimpin yang Baru
Amankan Rapat Pleno Penetapan Pemilu 2024, Polisi Terjunkan 4.266 Personel Gabungan dan Anjing K-9
Prabowo Subianto Tekankan Persatuan Usai Putusan MK, akan Komunikasi Politik dengan Semua Unsur
Imbau Pendukung Tak Turun ke Jalan, Prabowo Subianto: Utamakan Keutuhan dan Persatuan Bangsa
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Rabu, 12 Juni 2024 - 09:21 WIB

Prabowo Subianto Tegaskan 4 Poin Upaya Indonesia untuk Bantu Rakyat Gaza, dari Medis hingga Pendidikan

Jumat, 7 Juni 2024 - 11:28 WIB

Prabowo Subianto Laporan Kunker di Singapura ke Presiden Jokowi Soal Gaza hingga Ukraina

Kamis, 6 Juni 2024 - 16:02 WIB

Pemerintah Terus Pantau Harga Pangan Demi Jaga Inflasi Nasional dalam Kondisi Tetap Terkendali

Rabu, 15 Mei 2024 - 09:02 WIB

Prabowo Subianto Terima Penganugerahan ‘Zayed Medal’ dari Syekh Mohamed bin Zayed Al Nahyan

Minggu, 12 Mei 2024 - 00:10 WIB

Apresiasi Tinggi dari UMKM Nahdliyin untuk Kinerja Afriansyah Noor di Bidang Ketenagakerjaan

Sabtu, 11 Mei 2024 - 14:05 WIB

Hadiri HUT Hendropriyono, Prabowo Apresiasi Inisiatif Penghormatan Terhadap Budaya Indonesia

Jumat, 10 Mei 2024 - 20:30 WIB

Wamenaker RI Terima Penghargaan Khusus dari Lembaga Penasihat Adat Kota Lubuklinggau

Selasa, 30 April 2024 - 16:28 WIB

Kawal dan Dukung Pemerintahan yang Akan Datang, Prabowo Subianto Berterima Kasih atas Komitmen NU

Berita Terbaru